twitter
rss

Teknologi Jaringan
        Di jaman sekarang ini keberadaan Internet dianggap sebagai kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari adanya Internet misalnya kalo kita mau nyari artikel, berita, mau chattingan, facebookkan, bahkan kalo kalian mau belanja lewat Internet juga bisa. Tapi ga sedikit pula dampak negativenya contohnya kaya yang suka upload-upload foto-foto yang ga sepantasnya di publikasikan, anak –anak sekarang yang lebih suka main game online dari pada main permainan tradisional atau belajar, dan masih banyak lagi deh pokonya…
        Nah.. terlepas dari itu semua  sebenarnya saya mau ngebahas tentang “gimana  cara kerja suatu jaringan komputer  ??”.  Mari kita bahas…
1.Apa itu Jaringan ???
          Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
   JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

       ¤   BERDASARKAN KONEKSI (KETERHUBUNGANNYA)
1.       Broadcast Links 
ð   memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai
bersama-sama oleh semua komputer yang ada pada jaringan tersebut. Data yang    dikirimkan dari komputer yang satu ke komputer lainnya biasanya berupa data paket.
Dalam jaringan broadcasting ini memungkinkan paket
data yang dikirim ditujukan ke semua komputer yang ada
pada jaringan itu dan karena itu semua komputer akan
memprosesnya.
2.      Point to point links
ð   Terdiri dari sejumlah pasangan komputer
yang ada pada jaringan komputer.
Maksudnya adalah apabila paket data yang
dikirimkan dari sumber ke tujuan, maka akan
melewati komputer yang menjadi perantara.
¤   BERDASARKAN SKALA
1.       LAN (Local Area Network)

ð  Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km.



2.      MAN (Metropolitan Area Network)

ð  Jaringan komputer yang jangkauannya
mencakup kota.
Teknologi: jaringan TV kabel

Contoh MAN :
Head End
Server untuk
Koneksi ke Internet
Junction
Box
Internet melalui Sistem TV Cable
3.            WAN (Wide Area Network)
ð  Jaringan komputer yang cakupannya lebih
luas dari LAN, yaitu dari negara sampai
benua.
Teknologi:
–Circuit Switching
–Packet Switching
–Frame Relay
–Asynchronous Transfer Mode (ATM)
–Jaringan wireless seluler
4.     Internetwork (Internet)

ð  Sekumpulan jaringan berbeda (LANs,
WANs, atau keduanya) yang saling
 terkoneksi
¤   BERDASARKAN  TOPOLOGI
1.       Topologi BUS

ð  Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup, dimana disepanjang kabel dipasang node-node.
Signal dalam kabel dilewati satu arah sehingga
memungkinkan sebuah collision terjadi.
Keuntungan :
Murah, karena tidak memakai banyak media dan kabel yang
dipakai banyak tersedia dipasaran.
Setiap komputer dapat saling berhubungan dengan langsung.
Kerugian :
Sering terjadi hang/crass talk, yaitu bila lebih dari satu pasang memakai jalur di waktu yang sama , harus bergantian atau ditambah relay.

2.      Topologi Star

ð   Node berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central node (Hub/Switch), Traffic data mengalir dari node ke central node dan diteruskan ke node tujuan. Jika salah satu segmen kabel terputus, jaringan lain tidak akan terputus.
3.      Topologi Ring

ð  Topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan data sangat cepat.
Semua komputer saling tersambung membentuk lingkaran. Data yang dikirim diberi address tujuan sehingga dapat menuju komputer yang dituju.
4.     Topologi Daisy-chin

ð  Topologi ini merupakan peralihan dari topologi Bus dan topologi ring, di mana tiap simpul terhubung langsung ke dua simpul lain melalui segmen kabel, tetapi segmen membentuk saluran, bukan lingkaran utuh. Antar komputer seperti terhubung seri.
5.      Topologi Tree
ð  Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7.
6.     Topologi Mesh dan Full connected
ð  Topologi ini menerapkan hubungan
antar sentral secara penuh. Jumlah saluran yang harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1.
Topologi ini merupakan teknologi khusus yang tidak dapat dibuat dengan pengkabelan, karena sistem yang rumit. Namun dengan teknologi wireless, topologi ini sangat memungkinkan untuk diwujudkan .
¤   BERDASARKAN  PROTOKOL
1.       Ethernet
2.      Token Ring
ð   Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969.
Spesifikasi asli dari standar Token Ring adalah kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4 Mbps), dan kemudian ditingkatkan empat kali lipat, menjadi 16 megabit per detik. Pada jaringan topologi ring ini, semua node yang terhubung harus beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi yang umum terjadi adalah dengan menggunakan ring 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node, sementara ring 16 megabit per detik digunakan untuk backbone jaringan.
Dengan Token-Ring, peralatan network secara fisik terhubung dalam konfigurasi (topologi) ring di mana data dilewatkan dari devais/peralatan satu ke devais yang lain secara berurutan.
¤   BERDASARKAN  ARSITEKTUR
1.       Peer to peer
ð  Sebuah workgroup, dimana setiap komputer
dapat berfungsi sebagai client dan server
sekaligus
Keuntungan:
–Tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware
dan software server
–Tidak diperlukan administrator jaringan
Kekurangan:
–Sharing sumber daya membebani proses di komputer
yang bersangkutan
–Keamanan tidak terjamin

2.      Client/Server
ð  –Server (back end) = penyedia layanan yang menyediakan akses ke
sumber daya jaringan
–Client (front end) = komputer yang meminta layanan dari server
Client/Server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak
client dan satu atau lebih server.

3.      Hybrid

ð   Menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer
User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server.




0 komentar:

Posting Komentar